Pemilik Tanah Bangun Roku, Warga Gang Sepakat Demo

Warga Gang Sepakat, Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Binaraga, Kecamatan Rantau Utara menggelar demo protes pembangunan ruko milik salah satu warga. Hal ini disebabkan dampak pembangunan ruko menyempitkan gang tersebut.

LABUHANBATU – Puluhan warga Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Binaraga, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, menggelar aksi demo turun lokasi bangunan ruko diduga milik Ucok Gideon yang memakan badan Gang Sepakat, Rabu (19/2/2020). Protes warga ini seiring terbitnya Izin Mendirikan Bangunan yang dikantongi pemilik bangunan.

Aksi itu membentangkan beberapa spanduk bertuliskan “Kembalikan Jalan Kami Wahai Penegak Keadilan Berpihak Pada Rakyat Banyak Lah.. Jangan Dibela Ucok Gadion. Asal Lewat Ambulance”. Kemudian, spanduk lainnya juga mengecam atas bangunan ruko tersebut.

“Gang Sepakat ini semula lebarnya 2 meter, kini tinggal 1,5 meter. Kami takut kalau-kalau kami yang tinggal di belakang bangunan ruko ini mendapat musibah, dan ambulance tidak bisa masuk,” tegas Lili, pada ikabina.com yang ikut turun ke jalan.

Teks foto: Camat Rantau Utara, Turing Ritonga dan aparat pemerintah setempat telah melakukan mediasi dengan pemilik tanah dan warga. Namun mediasi belum membuahkan kata kesepakatan.

Sementara itu, keluhan serupa disampaikan Irwansyah, dirinya justru heran pemerintah menerbitkan IMB bagi pemilik bangunan ruko. “Tuntutan warga agar jalan mereka dikembalikan seperti dahulu, selebar dua meter yang mana saat ini jalan tersebut di didirikan ruko dan tersisa 1,5 meter Justru kami heran mengapa pemerintah menerbitkan IBM-nya. Apa tidak dicek ke lapangan dampak dari bangunan ruko itu,” keluh Irwansyah.

Diketahui, IMB bangunan ruko diterbitkan tahun 2014 lalu. Sedangkan Camat Rantau Utara, Turing Ritonga, yang dihubungi di tempat terpisah mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa kali mediasi antara pemilik tanah, Ucok Gadion dan warga setempat. “Kita sudah mediasi yang bersangkutan dengan Pemerintah Kecamatan Rantau Utara serta Kelurahan Binaraga beberapa kali, namun belum ada kata sepakat titik akhirnya,” jawab Turing singkat.

Laporan: Lili

Editor: Najib Gunawan

 

 

2,007 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini