Sebabkan Kebutaan, 400 Pasien Berebut Operasi Gratis

Teks foto: Asisten I Setdakab Labuhanbatu, Sarimpunan dan Kepala Diskes, Kamal Ilham memberi semangat kepada 400 pasien operasi katarak gratis di Puskesmas Negeri Lama, Jumat (28/2/2020). (jib)

BILAH HILIR – Pemkab Labuhanbatu sejak Kamis-Sabtu (27-29/2/2020) menggelar operasi gratis katarak bagi warga miskin pesisir di Kecamatan Pangkatan, Bilah Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah, dan Panai Hilir. Bakti sosial (Baksos) disambut antusias peserta sehingga membludak dengan jumlah sebanyak 400 orang.

Kegiatan amal kemanusiaan ini dibuka Asisten I Setdakab Labuhanbatu, Sarimpunan dan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kamal Ilham, mewakili Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe yang berhalangan hadir karena kepentingan yang mendesak.

Semula, dijadwalkan kegiatan akan dibuka Andi, namun dirinya meminta maaf karena harus menyelesaikan urusan pemerintahan yang tidak dapat diwakilkan. “Kesehatan adalah hak asasi bagi setiap warga Negara, karenanya pemerintah berkewajiban menyelenggarakan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau sebagai pertanggungjawaban dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” sebut Sarimpunan disela kegiatan, Jumat (28/2/2020).

Teks foto: Para pihak yang terlibat baksos operasi katarak gratis foto bersama di Puskesmas Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Jumat (28/2/2020). (jib) 

Lebih jauh Sarimpunan menjelaskan, dengan peran aktif dari masyarakat, sehingga baksos amal kemanusiaan operasi katarak gratis ini diwujudkan Pemkab Labuhanbatu. “Ini bentuk komitmen Pemkab Labuhanbatu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sehingga, kita operasikan masyarakat pesisir dengan jumlah 400 orang dari lima kecamatan,” urai Asisten I Setdakab Labuhanbatu sambil bercengkrama dengan para pasien di Puskesmas Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir.

Sementara, Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, melalui pesan yang dibacakan Sarimpunan, mengajak masyarakat peduli sadar kesehatan. “Mari kita tunjukkan kepedulian kita melalui kegiatan bakti sosial operasi katarak ini sadar kesehatan. Kita ketahui, katarak adalah penyakit yang berbahaya dan perlu penanganan serius dan cepat, karena dapat mengakibatkan kebutaan,” pesan Andi Suhaimi Dalimunthe melalui Sarimpunan.

Teks foto: Asisten I Setdakab Labuhanbatu, Labuhanbatu Sarimpunan dan Kepala Diskes, Kamal Ilham memberi semangat kepada 400 pasien operasi katarak gratis di Puskesmas Negeri Lama, Jumat (28/2/2020). (jib) 

Senada disampaikan Kepala Diskes Labuhanbatu, Kamal Ilham, sebagai langkah strategis dalam upaya membantu dan meringankan beban masyarakat bagi penderita katarak, untuk itulah Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe menggelar kegiatan ini.

Sebelumnya, Kamal Ilham, menambahkan, pihaknya tidak hanya bekerjasama dengan dokter spesialis mata yang ada di Labuhanbatu. “Beberapa dokter spesialis mata dari sejumlah rumah sakit swasta dari Kota Medan juga kita libatkan. Ini menjadi catatan sejarah Pemkab Labuhanbatu dalam bidang kesehatan untuk melayani warga pesisir pantai yang selama ini terbentur biaya operasi katarak,” tegas Kamal Ilham. kepada ikabina.com

Sementara itu, Tokoh Muda Pesisir, Muhammad Yusuf Ritonga, menegaskan bahwa masyarakat pesisir, khusus Kecamatan Pangkatan, Bilah Hilir, Panai Hilir, Panai Tengah, dan Panai Hulu wajar memberi apresiasi kepada Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe. Sebab, program ini sangat menyentuh rakyat.

“Program operasi katarak gratis tidak hanya buat warga Bilah Hilir, tetapi semua wilayah pesisir. Ini program mulai pak Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe. Jadi sangat pantas kami sebagai warga pesisir mengucapkan terima kasih kepada beliau. Sebab kehadiran Pemkab Labuhanbatu bagi masyarakat sangat berguna dan bermanfaat di bawah kepemimpinan bapak Andi Suhaimi Dalimunthe,” ucap Yusuf.

Editor: Najib Gunawan

 

2,803 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini