5 Hektar Lahan Warga Di Desa Sei Nahodaris Labuhanbatu, Terbakar

Teks foto: Tim terpadu yang terdiri dari BPBD, Koramil 04/BD, Polsek Panai Tengah, Manggala Agni dan masyarakat setempat, terus berupaya memadamkan api.

Panai Tengah – Akibat masuknya musim kemarau, lahan milik Junaidi (42), seluas 5 Hektar berisikan kebun kelapa sawit, yang terletak di Desa Sei Nahodaris Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu, terbakar sejak Rabu (26/2/2020) sekira pukul 13.30 Wib.

Hingga hari ini, penjalaran api di areal yang berada pada lahan gambut dan semak tersebut telah berhasil diredakan, dengan telah padamnya lahan seluas 2 hektar.

“Saat ini dua hektar lahan sudah berhasil dipadamkan, dan BPBD bersama TNI/Polri, manggala agni serta masyarakat terus melakukan upaya pemadaman,” ujar Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu, Atia Mukhtar Hasibuan, kepada ikabina.com melalui seluler, Sabtu (29/2/2020) malam.

Informasi yang dihimpun ikabina.com, adapun lahan yang terbakar berada pada titik koordinat N. 02.4817° E. 100.23975°. Sementara, koordinat sumber air berada di titik N. 02.48148° E. 100.23689°, dengan kondisi lahan semak yang berada di kawasan gambut.

Amatan wartawan, tim terpadu yang tergabung yakni BPBD, Polsek Panai Tengah, Koramil 04/LB, Manggala Agni, karyawan PT HPP dan PT Milano, terus melakukan pemadaman di lahan masyarakat yang berbatasan dengan PT. Milano tersebut, dengan menggunakan 1 unit mesin Mark-3 dan Racun api.

Beruntung, cuaca hari ini dalam kondisi mendung serta sirkulasi angin cukup tenang, sehingga tim dapat terus menyisiri kepala api untuk mempersempit pergerakan api.

“Mereka (tim terpadu-red) terus berupaya memadamkan api, semoga hari ini api dapat segera dipadamkan,” harap warga sekitar, Minggu (1/3/2020).

Editor: B. Ardiansyah

3,668 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini