Cepat Tanggap Virus Corona, Kapus Marbau Segera Sosialisasi Ke 22 Sekolah

Pemerintah Kecamatan Marbau saat sosialisasi pencegahan virus corona di SD 112312

LABURA– Kepala Puskesmas (Kapus) Marbau H Syamsul Bahri SKM, akan mensosialisasikan pencegahan wabah virus corona ke 22 Sekolah Dasar (SD) dan 2 sekolah Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN), diwilayah kerja Peskesmas Marbau.

Cepat tanggap virus corana yang dijalankan Kapus Marbau ini, tak lain instruksi dari Bupati Labuhanbatu Utara, H Khairuddin Syah Sitorus SE.

Dalam sosialisasi ini, terlebih dahulu Kapus berkoordinasi dengan Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Bidang Pendidikan. Selanjutnya beserta anggota akan mengunjungi beberapa sekolah.

Titik awal kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 112312 Simpang Empat, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Senin (16/3/2020) pukul 09.00 WIB.

Disekolah tersebut, Kapus beserta petugas Promosi Kesehatan (Promkes) mengajarkan siswa-siswi cara mencuci tangan yang benar, serta mempraktekkannya secara langsung, dan juga mengenalkan tanda-tanda jika terinfeksi gejala dari virus corona dan disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir.

Kepada awak media, Kapus Marbau H Syamsul Bahri SKM mengatakan, bahwa pihaknya akan mensosialisasikan kegiatan ini ke 22 SD serta 2 MIN di wilayah kerja Puskesmas Marbau.

“Ini kita lakukan atas instruksi dari bapak bupati Labura. Memang untuk Labura belum ada yang terinfeksi, maka kita melakukan sosialisasi ini untuk pencegahan. Kita hari ini sosialisasi di SD, besoknya di SLTP dan SLTA, setelah itu kita juga akan melakukan ini ke masyarakat melalui perwiritan yang ada. Ada beberapa gejala yang bisa kita kenali jika sudah terinfeksi virus ini diantaranya, demam, kemudian batuk pilek, rasa sakit di tenggorokan, dan juga sesak nafas, “jelasnya.

Selain itu, Kapus juga menjelaskan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar tidak terkena virus tersebut, dengan cara menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan.

“Pencegahannya terutama dengan cara kita tidak kontak langsung, seperti dengan bersalaman, lalu menghindari tempat keramaian, dan selalu cuci tangan dengan sabun. Lalu jika ada tanda-tanda yang seperti diatas tadi segera ke tempat medis agar dilakukan pertolongan, “terangnya.

Sementara itu, sambung, Camat Marbau Ismail Rambe yang ikut dalam sosialisasi ini mengatakan, sangat mendukung penuh Puskesmas Marbau dalam melaksanakan perintah Bupati Labuhanbatu Utara tersebut.

“Tentunya kita sangat tidak ingin ada yang terjangkit virus ini, maka sosialisasi ini sangat bagus dan bermanfaat, kita dari Kecamatan Marbau sangat mendukung penuh. Marilah kita bersama-sama rutin melakukan cuci tangan setelah melakukan apapun, “ujarnya.

Seirama, Kepala Sekolah SDN 112312 Simpang Empat, Lukmanuddin S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan disekolahnya tersebut.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami sangat berterimakasih, apalagi virus corona ini sudah menyebar ke Indonesia, apa yang diperintahkan pak Bupati ini sangat baik, pak kapus, pak camat dan korwil juga sangat merespon. Mudah-mudahan anak-anak melalui sosialisasi dan simulasi ini, dan juga kita seluruhnya terjauh dari virus ini, “tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Simpang Empat Erwin Perdamean, Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Bidang Pendidikan Surya Indrayani Hasibuan M.Pd dan Abdul Rahman Sihab Nasution S.Pd, Kabid Damkar Kecamatan Marbau Ishar, serta seluruh guru dan siswa-siswi sekolah tersebut. (Randi).

 

Editor: Afriyanto

 

 1,646 total views,  2 views today