11.656 Warga Labuhanbatu Bakal Terima BLT DD

Kadis PMD, Abdi Jaya Pohan

LABUHANBATU – Sebanyak 11.656 warga kurang mampu yang selama ini tidak terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Labuhanbatu akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa (DD). Jumlah sebanyak 11.656 warga itu tersebar di 75 desa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Abdi Jaya Pohan kepada ikabina.com, Selasa (28/4/2020). Nantinya, calon penerima BLT tetapkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) khusus setelah dilakukan verifikasi data agar tidak terjadi tumpang tindih.

Teks foto: Data jumlah sementara calon penerima BLT DD di Labuhanbatu. (ist) 

“Kita sudah sampaikan ke seluruh desa, jumlah penerima setiap desa sudah tertera di Surat Edaran Bupati Labuhanbatu. Selanjutnya ditetapkan dalam Musdes Khusus,” ucap Abdi.

Abdi menambahkan, meski belum dapat dipastikan kapan waktu pasti penyaluran, namun pihaknya meminta agar Pemerintah Desa (Pemdes) segera menyelesaikannya.

“Yang pasti secepatnya. Karena, ada mekanisme yang harus kita penuhi sesuai amanah Permendes 06 Tahun 2020 Tentang Perubahan Permendes Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020,” tegas Abdi.

Teks foto: Data jumlah sementara calon penerima BLT DD di Labuhanbatu. (ist) 

Disamping itu, lanjut Kadis PMD ini, ada 14 kriteria calon penerima dana BLT DD ini sesuai pendataan para relawan Covid-19. “Bantuan ini sesuai instruksi Presiden dan Surat Edaran Bupati Labuhanbatu menyangkut warga yang terdampak pandemi corona. Bantuan harus berupa uang tunai Rp600 ribu per bulan dan diberlakukan selama tiga bulan kedepan. Tidak boleh dalam bentuk sembako,” ujar Abdi kembali menegaskan.

Editor: Najib Gunawan

 7,618 total views,  2 views today