Justru Pemilih Debat dengan KPU Labuhanbatu

Oleh: Najib Gunawan

Kinerja KPU Labuhanbatu lagi-lagi buat ulah. Jadwal wajib debat kandidat Pilkada 2020 dipersoalkan pemilih sebab tidak diselenggarakan di daerah pemilihan (Labuhanbatu).

Entah apa yang menjadi pilihan KPU Labuhanbatu sehingga debat kandidat diselenggarakan di Kota Medan. Ironisnya, debat kandidat live di INewsTV stasiun Medan yang jelas-jelas tidak bisa ditonton masyarakat Labuhanbatu menjadi pilihan kontrak kerjasama KPU Labuhanbatu dengan stasiun televisi swasta itu.

DKPP harus mengusut masalah ini sehingga menjadi terang benderang. Sebab, biaya debat kandidat ini tidaklah sedikit. Lalu buat apa KPU Labuhanbatu nekat melakukan hal ceroboh bila masyarakat sebagai pemilih tidak bisa mengetahui visi misi para calon.

Berdalih debat kandidat yang ditayangkan live INews TV Medan juga bakal ditayangkan langsung melalui akun resmi Facebook KPU Labuhanbatu, bukankah ini pekerjaan aneh? Buat apa KPU Labuhanbatu harus bayar mahal-mahal INews TV Medan kalau toh ujungnya seluruh masyarakat Labuhanbatu harus menghabiskan paket data hingga durasi 2 jam.

Belum lagi jaringan provider ngadat bagi warga pedesaan, khusus pesisir barangkali. Pekerjaan konyol! Lalu apakah Bawaslu, Gakumdu, dan Kepolisian diam saja menyikapi kenekatan KPU?

Masalah ini harus diusut tuntas. Sebab telah merugikan rakyat sebagai calon pemilih. Karena diera tekhnologi saat ini, tidak satu stasiun televisi swasta maupun TVRI misalnya yang dapat ditonton sepuasnya oleh masyarakat Labuhanbatu.

Wajar kami sebagai pemilih curiga dengan kerjasama antara KPU Labuhanbatu dan INewsTV Medan. Apa tidak lebih baik debat ditiadakan di televisi dan berlangsung di Labuhanbatu, bila jalan akhirnya masyarakat hanya bisa menyaksikan melalui live akun resmi KPU Labuhanbatu.

Pertanyaannya, buat apa para kandidat sampai ndower menjelaskan visi misi mereka bila toh ujungnya tidak bisa diketahui masyarakat luas. Sebenarnya Pilkada ini untuk masyarakat Labuhanbatu atau untuk KPU.

Ombudsman harus terlibat mengusut kinerja KPU Labuhanbatu. Sebab rakyat juga perlu tahu berapa biaya yang digelontorkan KPU Labuhanbatu debat kandidat yang berujung mengecewakan masyarakat.

5,063 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini