Bawaslu Ajak Ciptakan Pilkada Aman dan Sejuk

Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe

LABUHANBATU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Labuhanbatu mengajak semua pihak bergembira dimasa Pilkada ini. Kemudian, Bawaslu menghimbau semua pihak untuk menciptakan situasi aman tentram dan, damai agar suasana sejuk hingga waktu pencoblosan, 9 Desember mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, kepada ikabina.com saat berbincang, Selasa (17/11/2020) di ruang kerjanya. “Dimasa Pilkada serentak 2020 ini, hindari gesekan agar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah damai. Begitu pun dengan masyarakat, elit politik maupun, pendukung pasangan calon, mari kita dewasa dalam berpolitik agar menghindari pelanggaran yang mengganggu jalannya proses Pilkada,” imbau Makmur Munthe.

Makmur Munthe menekankan para tim sukses, simpatisan, dan elite politik lebih mengutamakan menyampaikan visi misi para kandidat di tengah-tengah masyarakat supaya pemilih mendapatkan pendidikan politik. “Bersaing lah dengan baik dan benar. Serta, mengikuti tahapan pelaksanaan Pilkada sesuai dengan aturan yang ada,” pesan Ketua Bawaslu Labuhanbatu.

Disinggung mengenai deteksi tingkat kerawanan, Makmur Munthe, mengaku untuk Pilkada Labuhanbatu sejauh ini masih kondusif walau daerah pesisir pantai dalam pantauan serius mereka. “Bawaslu, KPU, dan kepolisian terus memetakan tingkat kerawanan. Tetapi sejauh ini masih aman dan damai,” sebutnya.

Makmur Munthe juga mewanti-wanti pengguna media sosial terutama Facebook tidak menyebarkan informasi bohong atau hoax, dan menghujat para calon bupati dan wakil bupati. “Persaingan politik Pilkada memang sangat ketat, tetapi dalam menyampaikan narasi harus mengedepankan etika dan santun agar suasana tetap kondusif.

Editor: Najib Gunawan

1,229 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini