BEM ULB dan Polres akan Rebosasi Hutan Hatapang

Teks foto: Pengurus BEM ULB foto bersama dengan Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan usai audiensi menyangkut rencana penanaman pohon di Hatapang, Kabupaten Labuhanbatu Utara. (ist)

LABUHANBATU – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Labuhanbatu (BEM ULB) bersinergi dengan Polres Labuhanbatu akan melaksanakan penanaman pohon kembali (Rebosiasi) di sekitaran Hutan Hatapang, terutama di Daerah Aliran Sungai (DAS) Desa Hatang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Kegiatan ini direncanakan, 26 November mendatang.

Ide yang baik ini menjadi pembahasan saat Presiden Mahasiswa ULB, Ferry Setiawan beserta pengurus audiensi dengan Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan didampingi Kasat Intel, AKP Hairun Edi Sidauruk di Aula Tunggal Panaluan Polres Labuhanbatu, Rabu (18/11/2020). Dalam kegiatan ini disiapkan 1.000 pohon.

“Saya sangat senang dan sangat mendukung rencana penanaman pohon ini. Kehadiran adik-adik mahasiswa yang menggandeng Polres Labuhanbatu dengan menyiapkan 1.000 pohon untuk DAS Hatapang guna mencegah terjadinya erosi sekaligus penghijauan kembali hutan Hatapang,” sebut AKBP Deni Kurniawan.

Teks foto: Pengurus BEM ULB audiensi dengan Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, Rabu (18/11/2020) membahas rencana penanaman pohon di Hatapang, Labuhanbatu Utara. (ist) 

Kapolres menambahkan, kegiatan positif seperti ini harus didorong. “Karena manfaat dari kegiatan ini sangat dirasakan masyarakat. Bahkan sampai waktu yang panjang dapat mencegah bahaya banjir bandang yang pernah terjadi,” tambah Kapolres.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa ULB, Ferry Setiawan mengatakan, Gerakan Mahasiswa Selabuhanbatu Raya Universitas Labuhanbatu Peduli Lingkungan dan Daerah Aliran Sungai (PL DAS) berupa penanaman seribu pohon ini merupakan bentuk kepedulian sosial dalam pelestarian lingkungan, terkhususnya daerah aliran sungai, agar mengantisipasi kejadian bencana alam berupa banjir bandang.

Harapannya, kegiatan ini tidak hanya sebatas ceremonial semata, tetapi masing-masing pihak siap untuk mengontrol penanaman dan hasilnya produktif. “Kedepan kegiatan ini dapat berlanjut di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan,” tambahnya. Adapun 1.000 bibit pohon yang akan ditanam di sepanjang DAS Desa Hatapang, berupa pohon Trembesi dan Mahoni.

Tampak hadir pada audiensi, Wapresma, Dede Irawan, Sekretaris Mahasiswa, Dani Syahrial Pane, Menteri Keuangan, Salbiyah Simbolon, Hubungan Luar Kemahasiswaan, Syahriani Simanungkalit, dan Hubungan Sosial Masyarakat, Daud Yusuf Simanjuntak.

Editor: Najib Gunawan

7,528 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini