Gakkumdu Bahas Pelanggaran Pidana Pilkada Labuhanbatu

Teks foto: Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan dan Ketua Bawaslu, Makmur Munthe serta perwakilan Kejaksaan foto bersama usai membahas pelanggaran pidana Pilkada dalam satu wadah Gakkumdu di Kantor Bawaslu, Rabu (18/11/2020). (ist) 

LABUHANBATU – Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan dan pihak Kejaksaan menyambangi Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Rabu (18/11/2020). Dalam pertemuan ketiganya yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) membahas Pelanggaran Pidana Pilkada.

Kunjungan Kapolres dan Kejaksaan itu disambut Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, dengan maksud membangun sinergitas dalam wadah kebersamaan.

Teks foto: Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan dan Ketua Bawaslu, Makmur Munthe serta perwakilan Kejaksaan membahas pelanggaran pidana Pilkada dalam satu wadah Gakkumdu di Kantor Bawaslu, Rabu (18/11/2020). (ist) 

“Bawaslu tidak bekerja sendiri, khususnya dalam tindak pidana Pilkada. Ada unsur Kepolisian dan Kejaksaan yang mempunyai peran penting dalam penindakan pidana Pilkada. Maka itulah Setra Gakkumdu harus saling bersinergi,” terang Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, kepada ikabina.com

Makmur berharap sinergitas antar ketiga institusi ini dapat terus ditingkatkan. “Pencegahan dan penindakan pelanggaran Pilkada sejauh mungkin kita lakukan agar menghasilkan Pilkada yang berkualitas, damai dan sejuk. Karena Sentra Gakkumdu bagian yang tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, misalnya Bawaslu melakukan sisi pencegahan sebelum mengarah ke penindakan yang rananya itu pada Kejaksaan dan Kepolisian,” papar Makmur Munthe.

Kemudian, Ketua Bawaslu Labuhanbatu ini menjelaskan, ketiga unsur dalam Tim Sentra Gakkumdu harus sepaham menyatakan terpenuhi unsur pelanggaran pidana Pilkada, baru bisa ditindaklanjuti ke proses berikutnya. “Jika dari ketiga unsur itu kemudian ada yang tidak sepakat maka kasus tidak bisa ditindaklanjuti,” jelasnya.

Teks foto: Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan dan Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, berbincang akrab dalam sinergitas Sentra Gakkumdu, Rabu (18/11/2020). (ist) 

Sementara itu, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan, menambahkan, Sentra Gakkumdu dalam bekerja akan dilengkapi Prosedur Operasi Standar (SOP). Hal itu guna menyeragamkan pemahaman penegak hukum dalam melakukan proses hukum pidana terkait pelanggaran pilkada. “Kepolisian bekerja secara profesional sesuai undang-undang. Namun demikian kita tekan pelanggaran yang mengarah pada pidana Pilkada,” tegas Kapolres.

Editor: Najib Gunawan

6,881 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini