Hulu kali Tarihoran Mendadak Tercemar, Warga Emplasmen Kembali Panen Ikan dan Udang

Teks foto: warga Desa Emplasmen menangkap Ikan dan Udang di Hulu Kali Tarihoran. (Is)

LABUHANBATU – Warga Desa Emplasmen, Kecamatan  Bilah Hulu kembali di gegerkan dengan mengambangnya habitat air seperti ikan dan udang Jum’at (20/11/2020). Namun hingga saat ini, warga belum mengetahui secara pasti sebab musabab fenomena alam yang menyebabkan ikan dan udang tersebut mengambang.

Sebelumnya, kurang lebih 30 hari yang lalu bertepatan dengan hari yang sama pula, ekosistem air juga mendadak kehilangan keramahannya.

Akibat fenomena alam ini warga menjadi resah.di mana hulu kali Tarihoran yang persis letaknya di belakang Masjid Baitun Naim ini mengalirin Sungai Tarihoran Desa Emplasmen Kecamatan Bilah Hulu.

Tidak hanya ikan, jenis udang di Hulu kali Tarihoran itu ikut mabuk dan mengambang. Mengetahui hal tersebut Warga pun langsung menyerbu terjun ke lokasi dengan alat seadanya seperti “tanggok”.

Teks foto : Warga saat di lokasi Hulu Suangai kali Tarihoran, sekira Pukul 09.00 WIB  (IS)

Dari pengamatan awak media, banyaknya warga yg melihat maupun yang menangkap ikan dan udang di lokasi tersebut. Salah satu warga yang tak mau disebut namanya menuturkan kepada reporter Ikabina.Com.

“Mabuknya ikan  dan udang ini akibat tercemarnya air, sehingga menyebabkan ikan-ikan dan udang  mabuk dan mengambang,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Reporter Ikabina.com coba menghubungi Pemerintahan  Desa Emplasmen Bilah Hulu, Sardi melalui hanpone seluler miliknya namun belum berhasil.

Tak sampai di situ, reporter Ikabina juga menghubungi Kepala dusun C.Naibaho,melalui handphone selulernya “Kutengoknya abang di situ sama anak anak itu, habis it nggak tau aku abang ngapain,” kata C.Naibaho mengakhiri cerita.

Penulis: Iswandi

Editor : Aiman

4,451 kali dilihat, 21 kali dilihat hari ini