Lapas Padang Sosialisasikan Penertiban Aset Tanah dan Rumdis

Teks foto: Kalapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto dan Kanwil Kemenkumham Sumbar menyosialisasikan penertiban aset tanah dan rumah dinas kepada warga, Jumat (26/02/2021). (ist)

PADANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat serta Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang menyosialisasikan Penertiban dan Pengamanan Aset Berupa Tanah dan Rumah Dinas (Rumdis) kepada warga penghuni dan pemilik rumah swadaya di lingkungan komplek Lapas dan warga pemilik serta penghuni rumah yang menyentuh bangunan dinding pagar luar, Jumat (26/02/2021).

Hal ini menindaklanjuti hasil rapat tentang penertiban dan pengamanan aset tanah dan rumah dinas Lapas Kelas IIA Padang di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat awal Februari lalu.

Foto: Istimewa

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Padang, Era Wiharto, beserta Tim Penertiban dan Pengamanan Aset Berupa Tanah dan Rumah Dinas pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Padang didampingi Kepala Divisi Administrasi, Susilo Purwanto dan Kepala Bagian Umum, Hasran Sapawi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat.

Dalam arahannya, Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat menyatakan bahwa sosialisasi ini penting dilaksanakan. “Kegiatan ini perlu kita lakukan mengingat pentingnya Penertiban Aset Milik Negara di Lapas Kelas IIA Padang. Kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar mereka sadar akan hukum. Beliau juga menambahkan sosialisasi ini juga demi keamanan dan ketertiban masyarakat itu sendiri,” sebutnya.

Foto: Istimewa

Hal yang sama juga diungkapkan Era Wiharto. Beliau menyatakan, sosialisasi merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat. “Ini merupakan langkah awal kami menindak lanjuti dari Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat Nomor: W3.PB.04.03-01 tentang Penertiban Aset Tanah dan Rumah Dinas Lapas Kelas IIA Padang. Dimana pada sosialisasi ini Lapas Kelas IIA Padang sebagai kuasa pemilik barang tidak semena-mena kepada masyarakat dalam melaksanakan penertiban dan pengamanan aset tanah di Lapas Kelas IIA Padang,” tuturnya.

Kegiatan Sosialisasi ini menghasilkan beberapa keputusan diantaranya pengembalian kuasa kepemilikan aset milik negara kembali sebagaimana mestinya, menyosialisakan hak dan kewajiban penghuni rumah swadaya sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku serta mensosialisasikan aturan batas sekeliling dinding Lapas. Hasil sosialisasi ini disambut positif oleh para warga. (Rilis)

Editor: Najib Gunawan

 3,097 total views,  2 views today