Kades dan Perangkat Desa Perkebunan Pangkatan Sering Bolos Ngantor

Teks foto: Kantor Desa Perkebunan Pangkatan, Kecamatan Pangkatan tampak kosong tanpa kades dan perangkat, Kamis ((25/02/2021). Kejadian ini kerap terjadi sehingga masyarakat yang ingin berurusan terpaksa harus menelepon kades dan perangkat lebih dahulu. (isw)

PANGKATAN – Kepala Desa (Kades) Perkebunan Pangkatan, Kecamatan Pangkatan, dan perangkatnya sering bolos ngantor. Masyarakat yang ingin berurusan terpaksa harus menelepon terlebih dahulu membuat janjian agar dilayani.

Informasi awal ini dari masyarakat dibuktikan ketika ikabina.com coba menginvestigasi ke kantor tersebut, Kamis (25/02/2021) pukul 08.30 WIB hingga jelang siang, namun kades dan perangkat tak kunjung tiba.

Saat dikonfirmasi, Kadus Suwito, sepertinya enggan menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Dirinya kelihatan canggung bertemu dengan awak media dan langsung menelpon seseorang.

Terdengar dalam percakapan diujung telepon Suwito meminta lawan bicaranya untuk ke kantor karena kedatangan awak media. Tak berselang beberapa waktu, tiba orang yang dimaksud berpakaian security perusahaan, dan ternyata adalah Sekretaris Desa (Sekdes), Syahbela Rambe.

Teks foto: Kantor Desa Perkebunan Pangkatan, Kecamatan Pangkatan terlihat kosong tanpa kades dan pegawai, Kamis (25/02/2021). Kejadian ini kerap terjadi sehingga masyarakat yang ingin berurusan harus menelepon perangkat maupun kades lebih dahulu. (isw) 

“Kades belum datang, begitu juga pegawai yang lain,” kata Suwito disela menjawab konfirmasi media dengan singkat. “Yang baru hadir saya sendiri. Masyarakat di sini sudah paham, jika ada urusan dan pegawai tak ada di kantor tinggal telpon saja,” sambung Suwito mempertegas.

Begitu Sekdes berpakaian security tiba, dirinya juga menghubungi Kades melalui pesan singkat menjelaskan kedatangan awak media namun tidak ada jawaban. “Pegawai belum datang, kalau kades saya tidak tahu,” jawab Sekdes, padahal jarum jam menunjukkan angka 10.00 WIB.

Saat nomor kontak Kades, Tumirin, coba diminta awak media kepada Sekdes Syahbela Rambe dan Kadus Suwito, mereka menolak memberikannya padahal untuk kepentingan konfirmasi guna memberikan hak jawab atas keluhan masyarakat. “Tidak ada,” jawab Suwito. Senada dengan Sekdes menegaskan tak berani memberikan nomor kontak Kades Tumirin tanpa izin yang bersangkutan.

Penulis: Iswandi
Editor: Najib Gunawan

 4,242 total views,  4 views today