Wih… Kadus ini Hanya Urusin 15 KK, PMD Angkat Bicara

Plt Kadis PMD Labuhanbatu, Abdi Jaya Pohan

BILAH HULU – Bertahun-tahun, Dusun Rumah Sakit, kompleks PTPN 3 Kebun Aek Nabara, Desa Emplasemen, Kecamatan Bilah Hulu, dijabat oleh Kepala Dusun (Kadus) dengan jumlah 15 kepala keluarga. Sementara Dusun ini bisa digabungkan dengan Dusun Pondok Sentosa yang jaraknya sangat berdekatan.

Akibatnya, negara seakan dirugikan setiap bulan untuk membayar gaji Kepala Dusun, yang kabarnya senilai Rp2,8 juta per bulan. Sementara, Kepala Dusun setempat, Untung Surbakti, juga tercatat sebagai karyawan di salah satu perusahaan lain sehingga kuat dugaan tidak fokus mengemban amanah sebagai Kepala Dusun.

Kepala Desa Emplasemen Aek Nabara, Sardi, saat dikonfirmasi, Senin (27/09/2021), mengaku dirinya telah berusaha menggabungkan Dusun tersebut dengan menyampaikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu, jauh hari sebelumnya tetapi belum juga mendapatkan restu untuk menggabungkan Dusun itu ke Dusun lainnya agar tidak terjadi pemborosan anggaran desa.

“Saya pun bingung dengan Dusun Rumah Sakit Aek Nabara ini. Sudah saya sampaikan ke PMD tetapi belum juga ada jawaban supaya digabungkan dengan Dusun lainnya yang berdekatan. Yang jelas usulan penggabungannya sudah kita sampaikan,” sebut Sardi, baru-baru ini.

Ditempat terpisah, Plt Kepala Dinas PMD, Abdi Jaya Pohan, dikonfirmasi, juga terkesan heran dengan kejadian ini. “Dusunnya sudah lama itu ya?
Kami pelajari dulu ya,” kata Abdu seraya bertanya karena tidak pernah mendapatkan SMS laporan adanya Dusun dengan jumlah kepala keluarga yang sangat sedikit.

Disinggung pernyataan Kepala Desa, Sardi, yang mengaku telah menyampaikan persoalan itu kepada PMD, Abdi Jaya Pohan, mengaku belum mendapatkan laporan tersebut. “Sama saya belum (laporan dari Kepala Desa, red). Entah sama pak kadis yang lalu. Makanya perlu kami pelajari dulu,” katanya.

Sementara itu, Camat Bilah Hulu, Hamdy Erazona Siregar, lebih memilih menutup diri tanpa menjawab konfirmasi yang dilontarkan kepadanya begitu pesan tersampaikan hanya dibaca.

Penulis: Fery Nozil
Editor: Najib Gunawan

 

 16,716 total views,  146 views today