Partisipasi Pemilih Pilkada Labuhanbatu Lebihi Target

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi

LABUHANBATU – Tingkat partisipasi pemilih yang dipatok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu sebesar 76 persen dari jumlah pemilih meningkat sebanyak 79,30 persen pada  Pilkada 2020, 9 Desember lalu. Sementara, saat Pilkada 2015  Labuhanbatu lalu hanya 72 persen.

Demikian diungkapkan Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi, kepada ikabina.com melalui pesan yang dikirimnya, Rabu (16/12/2020). “Dibanding pilkada tahun lalu, partisipasi jumlah pemilih meningkatkan. Artinya antusiasme masyarakat menunjukkan grafik pentingnya berdemokrasi dalam menentukan kepala daerah terpilih,” tutur Wahyudi.

Trend ini, sambung Wahyudi diharapkan dapat terus ditingkatkan pada pesta demokrasi selanjutnya, baik Pemilihan Bupati, Pemilihan Legislatif, maupun Gubernur yang akan datang. “Sosialisasi ke masyarakat perlu diperbanyak lagi kedepannya ketika musim pesta demokrasi. Itu harapan kita selanjutnya,” ujarnya.

KPU Labuhanbatu sendiri melalui Sirekap telah merampungkan perolehan hasil Pilkada 2020 Labuhanbatu. Hasilnya, pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faisal Amri Siregar meraih kepercayaan masyarakat untuk memimpin Labuhanbatu.

Sementara diurutkan kedua diduduki Erik Atrada-Ellya Rosa, dan selanjutnya Roni-Jais di peringkat ketiga. Kemudian Tigor-Idlin menyusul bertengger diposisi keempat dibarengi Suhari-Irwan pada urutan kelima.

Disinggung mengenai pleno, Wahyudi menambahkan pihaknya akan mengundang seluruh Paslon dan Bawaslu, serta pihak yang terlibat termasuk TNI/Polri pada, Kamis (17/12/2020) esok.

“Untuk penetapan calon terpilih, paling lama 5 hari setelah MK keluarkan daftar register. Kemudian, untuk pelantikan kepala daerah terpilih, itu wilayah Mendagri yang memutuskan kapan waktunya. Tetapi informasi yang kita dapat dari berbagai sumber dijadwalkan Februari mendatang. Namun demikian kami masih menunggu informasi resmi dari Mendagri,” urai Ketua KPU Labuhanbatu ini.

Editor: Najib Gunawan

 8,917 total views,  10 views today