Buka Coffee Shop, Ditangan Era Wiharto Lapas Padang Semakin Bersinar

Foto Istimewa

PADANG – Sosok Era Wiharto, mantan Kalapas Rantauprapat, Labuhanbatu dan kini menggawangi Lapas Kelas IIA Padang terus melahirkan kreatifitas membina menjadikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) semakin produktif.

Dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Tim Barista Lapas Kelas IIA Padang yang terdiri dari empat orang warga binaan dan satu orang petugas ikuti ujian kompetensi di ruang Pelatihan Barista BLK Padang, Sabtu (10/04/2021) pagi.

Sudah merupakan bagian dari kurikulum yang ditetapkan oleh BLK Padang bahwa seluruh peserta pelatihan akan diuji kemampuannya di bidang yang mereka tekuni setelah mengikuti pelatihan. Kali ini Tim Barista Lapas Kelas IIA Padang akan diuji kemampuan dan kecakapannya tentang dunia barista seperti bagaimana meracik biji kopi menjadi sebuah suguhan yang nikmat.

Foto Istimewa

“Ujiannya dibagi menjadi dua sesi yakni ujian tertulis dan ujian praktek. Dimana setelah mengikuti dan lulus ujian ini, para peserta yang totalnya berjumlah 17 orang ini akan diberikan sertifikat yang berguna sebagai administrasi untuk melamar kerja,” jelas salah satu instruktur Barista.

“Setelah selesai mengikuti ujian kompetensi, seluruh warga binaan yang mengikuti pelatihan di BLK Padang akan kembali ke Lapas Padang dan akan mempraktekan ilmu yang mereka peroleh selama pelatihan di Coffee Shop Lapas Padang yang dalam waktu dekat akan segera dibuka. Selain itu, sertifikat yang mereka peroleh akan sangat berguna nanti saat mereka selesai menjalani masa hukuman untuk melamar pekerjaan,” ungkap Kalapas Kelas IIA Padang Era Wiharto.

Kalapas juga menyatakan bahwa petugas dan warga binaan yang telah selesai mengikuti pelatihan akan menjadi tutor barista bagi warga binaan lain di dalam lapas. “Selanjutnya, akan dibuka program pembinaan kemandirian barista di Lapas Kelas IIA Padang yang mana warga binaan yang telah dilatih ini akan menjadi tutor bagi warga binaan lainnya,” tambahnya.

Foto Istimewa

“Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa berkesempatan mengikuti pelatihan langsung di Balai Latihan Kerja Padang selama kurang lebih 23 hari ini. Begitu banyak ilmu yang saya dapat tentang meramu biji kopi menjadi sebuah hidangan yang nikmat. Terima kasih kepada Lapas Kelas IIA Padang atas kepercayaannya kepada saya untuk mengikuti pelatihan ini,” ungkap salah satu warga binaan Lapas Kelas IIA Padang yang mengikuti pelatihan barista.

Senada juga disampaikan oleh Ridwan Chalid, petugas pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Padang yang turut mendampingi warga binaan mengikuti pelatihan barista di BLK Padang. “Pengalaman yang tak terlupakan bisa bergabung bersama mereka dalam mempelajari bagaimana membuat secangkir kreasi kopi yang nikmat dan indah melalui teknik-tekniknya. Selama pelatihan rekan-rekan warga binaan tampak antusian mengikutinya,” ujar petugas yang biasa disapa Iwan.

Lapas Padang
Editor: Najib Gunawan

 1,644 total views,  2 views today