Kasi Propam Periksa Provos Polsek

Teks foto: Kasi Propam Polres Labuhanbatu, IPDA Dr Iskandar Muda Sipayung SH MH memeriksa kelengkapan personel dalam operasi Gaktibplin, Senin (12/04/2021).

LABUHANBATU – Kasi Propam Polres Labuhanbatu, IPTU Dr Iskandar Muda Sipayung SH MH memeriksa seluruh Kanit Provos Polsek dan personel dalam operasi Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin), Senin (12/04/2021). Hal ini dilakukan untuk lebih mendisiplinkan Kanit Provos Polsek sesuai perintah Kapolres Labuhanbatu, AKBP Deni Kurniawan.

Tak main-main, bagi personel yang kedapatan melanggar aturan  bakal mendapatkan sanksi sesuai
Surat Perintah Kapolres Labuhanbatu, nomor: Sprin/559/IV/HUK.6.6./2021, 01 April 2021 tentang pelaksanaan giat Gaktibplin dijajaran Polres Labuhanbatu.

“Ada enam poin arahan dan perintah Kapolres yang harus dilaksanakan Provos Polsek dan personel Polres Labuhanbatu. Ini untuk mendisiplinkan anggota,” tegas IPDA Dr Iskandar Muda Sipayung SH MH kepada ikabina.com

Pertama, jelas satu-satu Doktor Muda “pembidik polisi nakal” ini yakni, Penggunaan Seragam Dinas Gampol/Gam ASN Polri yang tidak sesuai Perkap Nomor 06 Tahun 2018. “Kedua Kelengkapan surat nyata diri yang  tidak sesuai pasal 28 huruf A Perkap Nomor 02 Tahun 2016,” beber Sang Doktor ini.

Ketiga, sambungnya, sikap tampang dan penampilan yang tidak sesuai ketentuan berlaku sebagaimana diatur dalam pasal 28 huruf F Perkap Nomor 2 Tahun 2016. “Keempat, kelengkapan surat ijin Senpi sebagaimana diatur dalam pasal 28 ayat (10) Perkap Nomor 2 Tahun 2016.  Penyalahgunaan narkoba sebagai mana diatur dalam UU RI Nomor 35 Tahun 2009,” rinci IPDA Iskandar Muda Sipayung.

Sipropam juga komitmen akan terus melakukan razia di tempat-tempat hiburan malam seperti Cafe, Diskotik dan Karaoke yang dicurigai terdapat kehadiran personel Polri dan ASN yang  minum-minuman keras di tempat tersebut. “Sesuai arahan pimpinan jangan ada personel yang terlibat narkoba. Arahan dan atensi Kapolres Labuhanbatu kepada seluruh personel harus dilaksanakan dan dipatuhi.

Jika ada anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan dan pengedaran narkotika pasti  ditindak tegas sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/116/I/HUK.7.1./2021 dan Surat Telegram Kapolda Sumut Nomor : STR/459/VIII/WAS.2.1./2021 juga diproses sebagai pelanggaran Kode Etik Profesi Polri dengan Rekom PTDH

“Bagi setiap personel agar selalu berhati-hati dalam penggunaan senjata api dinas. Jangan sampai dipinjampakaikan kepada personel lainnya. Karena penggunaannya harus sesuai dengan SOP yang ada. Kemudian,
personel wajib menjaga kerapian gampol, sikap tampang, dan melengkapi surat-surat data diri sebagai personel Polri guna mendukung progam kerja Kapolri menuju Polri yang presisi. Selalu tingkatkan disiplin dalam melaksanakan tugas, dan hindari melakukan pelanggaran sekecil apapun,” urai Iskandar Muda.

Editor: Najib Gunawan

 2,243 total views,  4 views today