Tingkatkan Kualitas Produksi Roti, Lapas Padang Utus Pegawai Latihan Bakery di BLK

Foto Istimewa

PADANG – Setelah menyelesaikan pelatihan barista bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) beberapa waktu lalu, Lapas Kelas IIA Padang kembali menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk memberikan pelatihan keterampilan dalam rangka meningkatkan program pembinaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Padang Era Wiharto hadir di BLK Padang guna mengikuti kegiatan pembukaan pelatihan bakery yang diikuti 16 peserta, dan satu diantaranya petugas Lapas Kelas IIA Padang, Selasa (14/04/2021). Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Tata Usaha BLK Padang, Afridamon.

Tekad dan komitmen Lapas Kelas IIA Padang untuk memaksimalkan pelayanan dan pembinaan bukanlah isapan jempol semata. Berbagai upaya dilakukan untuk mengoptimalkan program pembinaan bagi warga binaan. Salah satunya yakni dengan terus meningkatkan hubungan kerjasama dengan stakeholder seperti BLK Padang dalam membekali para warga binaan dengan keterampilan dan keahlian.

Foto Istimewa

Kepala Tata Usaha BLK Padang, Afridamon menyambut kedatangan para peserta. Beliau menyatakan bahwa para peserta akan mengikuti pelatihan selama kurang lebih 22 hari dan akan mengikuti uji kompetensi setelahnya. “Hasil uji kompetensi akan menentukan siapa yang berhak untuk diberi sertifikat kompetensi dan siapa yang tidak karena sertifikat tersebut merupakan penentu kompeten dalam bidang diikuti,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, untuk meningkatkan kualitas produksi roti di dapur produksi Lapas Kelas IIA Padang, Kalapas Era Wiharto mengirim satu orang petugas untuk mengikuti pelatihan di bidang bakery di BLK Padang. “Tepat tanggal 10 april lalu, kita telah menyelesaikan pelatihan di bidang barista bagi satu orang petugas yang bernama Ridwan Chalid dan empat orang warga binaan lainnya di BLK Padang. Dari hasil uji kompetensi yang dilakukan, satu orang petugas Ridwan berhasil lolos dan kompeten serta memiliki kesempatan untuk mengikuti uji metodologi untuk menjadi instruktur di bidang barista.

Kali ini kita juga akan mengirim satu orang petugas lagi bernama Muhammad Fadli selaku Kepala Sub Seksi Bimbingan Kerja yang sudah memiliki basic skills dibidang baking untuk mengikuti pelatihan di bidang bakery di BLK Padang,” jelas Kalapas Era. Melalui pelatihan ini, Kalapas berharap petugas yang dikirim untuk dilatih nantinya bisa menjadi pelatih yang kompeten dan mampu mengembangkan ilmu tersebut kepada warga binaan di dalam Lapas.

Lapas Padang
Editor: Najib Gunawan

 2,665 total views,  4 views today