ASRI Gugat PSU ke MK, KPU Tunda Pleno Pemenang Pilkada

Andi Suhaimi Dalimunthe

LABUHANBATU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu menunda pleno penetapan pemenang hasil Pilkada yang dijadwalkan akan digelar, Jumat (30/04/2021) hari ini.

Hal ini disebabkan pasangan nomor urut 3, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar (ASRI) mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) setelah dinyatakan kalah terhadap pasangan nomor urut 2, Erik Atrada-Ellya Rosa pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) di 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Benar (pleno penetapan pemenang Pilkada Labuhanbatu, red) kita tunda dari jadwal yang semestinya hari ini. Sebab pasangan ASRI mengajukan gugatan ke MK pasca PSU,” sebut Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi, saat dikonfirmasi ikabina.com

PSU) di 9 TPS dilaksanakan 24 April lalu. Dari laman resmi MK, permohonan gugatan ASRI  terdaftar pada Kamis (29/04/2021) pukul 12.02 dengan  Akta Permohonan Pengajuan Permohonan (APPP) nomor: 145/PAN.MK/AP3/04/2021 diwakili Eddi Mulyono.

Wahyudi mengaku KPU Labuhanbatu belum menerima secara rinci materi gugatan ASRI ke MK. “Belum terima materi gugatannya. Masih penyampaian informasi bahwa ASRI menggugat hasil PSU dan kita cek di laman resmi MK, memang benar mereka mengajukan gugatan. Makanya kita tunda pleno penetapan pemenang Pilkada,” terang Wahyudi.

Pada pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada, Selasa (27/04/2021) lalu oleh KPU Labuhanbatu, pasangan nomor urut 2, Erik Atrada-Ellya Rosa (ERA) dinyatakan memenangkan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu 2021 setelah dilakukan PSU.

Hasil perolehan suara akhir kelima calon diumumkan termasuk perolehan jumlah suara saat pleno kala itu. Nomor urut 1, Tigor-Idlin meraih sebanyak 19.552 suara. Nomor urut 2, Erik Atrada-Ellya Rosa sebagai pemenang meraih jumlah suara sebanyak 88.493 pemilih.

Nomor urut 3, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri berada di urutan kedua peraihan suara terbanyak yakni, 88.183 suara. Kemudian Nomor urut 4, Abdul Roni-Ahmad Jais memperoleh 28.349 suara. Pasangan Nomor urut 5, Suhari Pane-Irwan Indra hanya mendapatkan 12.736 suara.

“Hasil pleno rekapitulasi ini akan kita sampaikan ke KPU Sumut dan RI. Pleno rekapitulasi penghitungan suara ini belum penetapan calon menentukan pemenang. Karena ada jadwalnya itu nanti di tanggal 30 April mendatang,” saat itu ucap Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi.

Editor: Najib Gunawan

 33,115 total views,  6 views today